Intelektual : Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual <p><strong>Intelektual : Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi</strong>&nbsp;(E-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1373969183&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2338-7521</a>) is an academic<strong> open access journal</strong> published by Universitas Bhayangkara Surabaya. <strong>Intelektual : Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi</strong><strong>, </strong>a <strong>single-blind peer-reviewed journal</strong>,<strong> &nbsp;concentrates on administration public and communication studies&nbsp;</strong>with broad scopes, multi-perspective and interdisciplinary journal which can provide readers with the latest and important findings, in theory, practice, and policy.</p> <p>&nbsp;</p> Universitas Bhayangkara Surabaya en-US Intelektual : Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi 2623-159X PELAKSANAAN ELECTRONIC GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA JUNREJO http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=239 <p><span class="fontstyle0">Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan Sistem<br>Informasi Manajemen Desa (SIMADE) dalam pelayanan publik di Desa Junrejo. Penelitian berjenis<br>kualitatif dengan data dikumpulkan lewat dokuemntasi, wawancara, dan observasi. Guna menentukan<br>informannya dilaksanakan memakai </span><span class="fontstyle2">snowball sampling</span><span class="fontstyle0">. Analisis datanya dilaksanakan lewat sejumlah<br>tahap mulai dari mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan terhadapnya. Merujuk hasil<br>penelitian yang didapat penulis bisa ditarik kesimpulan bahwasannya pemakaian Sistem Informasi<br>Manajemen Desa (SIMADE) di Desa Junrejo belum dapat disebut efektif. Faktor yang menghambat<br>mencakup Sistem itu tidak dapat menjalankan pembaharuan data penduduk, Pemerintah tidak<br>melaksanakan sosialisasi SIMADE untuk masyarakat, rendahnya partisipasi masyarakat termasuk<br>lemahnya koordinasi dari kelompok kepentingan. Faktor yang mendukung mencakup keberadaan<br>peraturan yang menjadi dasar dan SDM yang cukup memberi dukungan saat Sistem dioperasikan.</span></p> M.Okto Adhitama Ignatius Adiwidjaja Ronal Dharma ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 84 91 10.34369/intelektual journal.v8i02.239 DAMPAK REBRANDING KOTA BATU UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PAD DARI SEKTOR PARIWISATA http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=240 <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang penguatan citra kota Batu menjadi kota wisata yang<br>berusaha untuk familiar bagi setiap wisatawan yang ingin berpariwisata untuk berkunjung Kota<br>Batu setiap mereka berkesempatan untuk berlibur dan meneliti dampak apakah </span><span class="fontstyle2">branding </span><span class="fontstyle0">wisata ini<br>mampu meningkatkan jumlah pendapatan asli daerah. Untuk penelitian sendiri menggunakan<br>metode kualitatif. Adapun dari hasil penelitian ini adalah proses dari </span><span class="fontstyle2">branding </span><span class="fontstyle0">dari awalnya tanpa<br>identitas menjadi Kota Wisata Batu lalu bertransformasi lagi menjadi </span><span class="fontstyle2">Shining </span><span class="fontstyle0">batu tidak terlalu<br>memberikan dampak signifikan bagi jumlah pariwisatawan karena wisatawan yang berkunjung ke<br>kota Batu kebanyakan adalah Wisatawan lokal yang tidak terlalu menganggap </span><span class="fontstyle2">branding </span><span class="fontstyle0">ke baratbaratan sebagai tujuan utamanya mereka datang ke kota Batu hanya sebagai karena mereka ingin<br>datang karena kuatnya citra pariwisata yang ada di kota Batu berkat </span><span class="fontstyle2">branding </span><span class="fontstyle0">kota wisata yang<br>pertama dan juga ditunjang dengan banyaknya jumlah pariwisata serta sarana infrastruktur<br>pendukung.</span> </p> Willy Tri Hardianto Muhammad Okto Adhitama Crisantos Jovano ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 10.34369/intelektual journal.v8i02.240 PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI KETUA HIMAPURA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERORGANISASI ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=241 <p><span class="fontstyle0">Peranan komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena komunikasi merupakan<br>faktor pendorong keberhasilan suatu organisasi dimana dalam melakukan koordinasi<br>menggunakan komunikasi. Selain itu, komunikasi organisasi bertujuan untuk untuk mencapai<br>tujuan yang diinginkan organisasi, mengarahkan dan memotivasi anggota. Penelitian ini<br>bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi organisasi ketua dalam meningkatkan<br>motivasi berorganisasi anggota Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Universitas<br>Bhayangkara Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketua HIMAPURA sudah<br>menetapkan dan menyebarluaskan dengan jelas tujuan organisasi yaitu berkaitan tentang visi<br>misi organisasi kepada para anggota melalui rapat kerja, rapat pertemuan organisasi dan grup<br></span><span class="fontstyle2">whatsapp</span><span class="fontstyle0">, (2) ketua HIMAPURA sudah menyusun rencana-rencana untuk mencapai tujuan<br>organisasi secara rinci dan sistematis dan seringkali menyusun rencana alternatif bersama para<br>anggota, (3) ketua HIMAPURA sudah melakukan pengorganisasian terhadap sumber daya<br>manusia dengan cukup baik yaitu dengan membentuk divisi-divisi, mengorganisasikan<br>anggotanya dalam divisi dan menyampaikan tugas yang ada pada masing-masing divisi secara<br>detail, (4) ketua HIMAPURA sudah cukup baik memimpin dan mengarahkan anggotanya untuk<br>bekerjasama mencapai tujuan organisasi. Ketua juga menciptakan iklim organisasi yang dinamis<br>dan menarik bagi anggotanya, yaitu iklim organisasi yang serius tapi tidak kaku dan dingin, dan<br>(5) ketua HIMAPURA sudah cukup baik dalam mengendalikan prestasi organisasi<br>HIMAPURA.</span> </p> Tri Prasetijowati Dinita Sari ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 99 103 10.34369/intelektual journal.v8i02.241 ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) RESTORAN HOTEL BUMI SURABAYA SEBAGAI STRATEGI PUBLIC RELATION DI ERA DIGITAL http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=242 <p><span class="fontstyle0">Strategi pemasaran atau promosi dari mulut-ke-mulut </span><span class="fontstyle2">(word of mouth) </span><span class="fontstyle0">merupakan salah satu<br>cara komunikasi yang sering digunakan oleh perusahaan yang memproduksi barang atau jasa<br>karena memiliki keefektifan dalam memperlancar proses pemasaran dan memberikan<br>keuntungan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, strategi pemasaran </span><span class="fontstyle2">Word of<br>Mouth </span><span class="fontstyle0">ini telah bergeser menjadi </span><span class="fontstyle2">electronic Word of Mouth</span><span class="fontstyle0">. </span><span class="fontstyle2">Electronic Word of Mouth </span><span class="fontstyle0">(</span><span class="fontstyle2">e<br>WOM</span><span class="fontstyle0">) merupakan komunikasi elektronik yang berhubugan dengan keunggulan atau<br>pengalaman membeli atau menggunakan produk dan jasa. Dalam sebuah bisnis, promosi dari<br>mulut ke mulut merupakan suatu keunggulan. Ini karena ketika seseorang sedang memberikan<br>tanggapan mengenai suatu pengalaman terhadap produk yang mereka coba, hal tersebut<br>sangat mempengaruhi sebuah bisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang atau<br>calon pelanggan. Hotel Bumi Surabaya merupakan salah satu bisnis dalam bidang pariwisata<br>yang unggul dengan konsep </span><span class="fontstyle2">buffet </span><span class="fontstyle0">yang dipakai oleh restorannya. Dengan adanya </span><span class="fontstyle2">e-WOM </span><span class="fontstyle0">ini<br>membuat public relation restoran Hotel Bumi Surabaya dapat mempromosikan makanan dan<br>minuman menggunakan bantuan sosial media. Teknik penelitian yang digunakan dalam<br>penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara sebagai<br>teknik pengumpulan data</span> </p> Ezra Giovanny Marchelly Sampouw Fitria Widiyani Roosinda Julyanto Ekantoro ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 104 112 10.34369/intelektual journal.v8i02.242 KAMPANYE DIGITAL PADA INSTAGRAM @perhumas_Indonesia MELALUI #IndonesiaBicaraBaik DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0 http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=243 <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini dilakukan mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang menyebabkan semakin<br>meningkatnya pengguna sosial media instagram. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah<br>produksi dan konsumsi informasi yang semakin tinggi dan tidak terkontrol. Berita bohong atau hoaks<br>merupakan salah satu ancaman bagi pengguna media digital instagram yang membuat instagram<br>kehilangan fungsi utamanya dan membuat lingkungan digital menjadi tidak kondusif. Sebagai pionir<br>organisasi di bidang kehumasan di Indonesia, Perhumas Indonesia mencetuskan tagar<br>#IndonesiaBicaraBaik sebagai bentuk kampanye digital dalam melawan tersebarnya pesan negatif<br>seperti berita bohong atau hoaks. Kampanye ini juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat 5.0<br>yang memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian<br>ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye yang dilakukan Perhumas Indonesia pada akun<br>instagram @Perhumas_Indonesia melalui tagar #IndonesiaBicaraBaik untuk mewujudkan masyarakat<br>5.0. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis<br>mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk<br>menginterpretasikan data hasil penelitian. Hasil yang didapatkan yaitu Perhumas Indonesia memiliki<br>strategi komunikasi tersendiri dalam mengampanyekan #IndonesiaBicaraBaik di instagram yaitu<br>membuat kategori konten yaitu Humaspedia, Protips, dan Motion yang masing-masing kategori<br>tersebut memiliki tujuan dan isi konten yang berbeda. Dalam pelaksanaannya, kampanye digital<br>#IndonesiaBicaraBaik masih belum dilakukan evaluasi secara signifikan dan terukur guna mengetahui<br>keefektifan kampanye digital ini.</span></p> Vanessa Bella Juliet Arianita Fitria Widiyani Roosinda Julyanto Ekantoro ##submission.copyrightStatement## 2022-02-12 2022-02-12 8 02 113 122 10.34369/intelektual journal.v8i02.243 UPAYA PT. MIZAN MEDIA UTAMA DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA AKUN @MIZANSTORE http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=244 <p>Pandemi Covid-19 membatasi perusahaan untuk melakukan kegiatan komunikasi tatap muka dengan<br>pelanggan mereka. Padahal komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan akan menciptakan<br>loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan perusahaan. Bagus<br>Komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan adalah komunikasi yang mampu melibatkan pelanggan<br>dalam perusahaan sehingga pelanggan merasa menjadi bagian dari perusahaan. Dan akhirnya, pelanggan dapat menjadi<br>media untuk menyebarkan citra positif perusahaan kepada masyarakat luas. Keterlibatan pelanggan dalam<br>aktivitas perusahaan biasa disebut dengan customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apa<br>dilakukan oleh PT. Mizan Media Utama dalam Meningkatkan Customer Engagement Instagram<br>akun @mizanstore selama pandemi ini dengan analisis teori 4C Chris Heuer yaitu Context,<br>Komunikasi, Kolaborasi, Koneksi.<br>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah digital marketing PT.<br>Mizan Media Utama bertanggung jawab atas akun Instagram @mizanstore. Teknik dalam hal ini<br>penelitian adalah wawancara, observasi dan pengumpulan data.<br>Hasil dari penelitian ini adalah pemasaran digital PT. Mizan Media Utama telah melakukan beberapa<br>kegiatan sesuai dengan teori 4C Chris Heuer dalam rangka meningkatkan keterlibatan pelanggan pada<br>akun @mizanstore. Kegiatan tersebut meliputi pemilihan jenis konten, pemilihan konten,<br>memilih waktu untuk mengupload konten postingan, endorsement, paid promote. Dengan melakukan hal-hal di atas<br>pemasaran digital PT. Mizan Media Utama yang bertanggung jawab atas akun @mizanstore mampu<br>tingkatkan tingkat keterlibatan pelanggan untuk akun @mizanstore dengan peningkatan<br>jumlah pengikut, konten kiriman yang diunggah memiliki jumlah suka dan komentar yang tinggi.</p> Rachmad Wahyudi Tira Fitriawardhani Muhammad Fadeli ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 123 130 10.34369/intelektual journal.v8i02.244 PERSEPSI REMAJA KOMUNITAS ARMY SURABAYA TERHADAP PROGRAM SIARAN MUSIK CAMPURSARI DI MEDIA SOSIAL http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=245 <p><span class="fontstyle0">Di era globalisasi, media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Selain itu, media<br>sosial juga dijadikan media perantara untuk menyebarluaskan budaya-budaya dari berbagai negara.<br>Sebagaimana budaya K-Pop yang masuk ke Indonesia. Masuknya budaya luar, membuat budaya asli<br>Indonesia seperti musik campursari kurang diminati. Metode penelitian ini merupakan metode<br>penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mewawancarai 10 orang remaja dalam komunitas army<br>Surabaya dengan rentang usia 18 hingga 21 Tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk<br>mengetahui persepsi remaja dalam komunitas army Surabaya terhadap program siaran musik<br>campursari di media sosial. Dari data yang diperoleh, para remaja mempersepsikan bahwa musik<br>campursari cukup nyaman untuk di dengarkan. Namun, para remaja juga cenderung beranggapan<br>bahwa musik campursari adalah musik yang kuno karena sering dibawakan oleh orang yang sudah<br>berumur. Selain itu para remaja juga mengidentikkan Didi Kempot sebagai sosok penyanyi<br>campursari.</span> </p> Rahmatus Sa'diyah Rini Ganefewati Ita Nurlita ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 131 138 10.34369/intelektual journal.v8i02.245 MPLEMENTASI UNDANG – UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN (Studi Kasus Perkawinan anak di Kabupaten Bojonegoro) http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=246 <p>Perkawinan adalah hubungan tetap antara seorang pria dan seorang wanita yang diakui sebagai<br>sah oleh masyarakat yang bersangkutan berdasarkan peraturan perkawinan yang berlaku. Sementara anak<br>Perkawinan adalah perkawinan yang dilakukan oleh seorang anak yang telah berumur 19 tahun berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang<br>pernikahan. Kasus perkawinan sangat banyak terjadi di Kabupaten Bojonegoro, dimana mayoritas<br>Masyarakat masih menganggap menikah muda adalah suatu keharusan. Faktor yang mempengaruhi pernikahan anak adalah remaja<br>kenakalan, kurangnya pendidikan, dll. Hal ini menjadi perhatian pemerintah khususnya Dinas untuk<br>Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Kabupaten Bojonegoro dan<br>masyarakat harus ikut bergerak bersama dalam mencegah pernikahan anak. Dari penjelasan ini, ini<br>penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) bagaimana pelaksanaan undang-undang nomor 16 tahun 2019<br>memperbaiki perkawinan di kabupaten Bojonegoro?, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya perkawinan anak?<br>ini Kabupaten Bojonegoro?, (3) bagaimana upaya yang dilakukan Dinas untuk mencegah pernikahan anak?<br>berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang perkawinan di kabupaten bojonegoro. Tujuan dari ini<br>penelitian untuk mengetahui pelaksanaan undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang perkawinan di bojonegoro<br>Kabupaten, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkawinan anak di Bojonegoro, untuk mengetahui upaya yang dilakukan<br>oleh DP3AKB agar tidak terjadi perkawinan anak berdasarkan undang-undang No.16 Tahun 2019 tentang<br>pernikahan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu:<br>menggambarkan fenomena yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasional<br>dan dokumentasi.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak<br>Perlindungan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Bojonegoro memiliki daya tanggap yang cukup baik baik terhadap<br>pencegahan pernikahan anak seperti banyaknya upaya yang dilakukan untuk membuat program pencegahan pernikahan anak.<br>Efektifitas Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan yang dilakukan oleh<br>DP3AKB Kabupaten Bojonegoro sudah cukup baik, namun belum sepenuhnya efektif karena:<br>banyak faktor yang mendorong terjadinya perkawinan anak dari masyarakat Kabupaten Bojonegoro.<br><br></p> Adilla Kartika Siwie Heru Irianto Anisa Kurniatul Azizah ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 139 150 10.34369/intelektual journal.v8i02.246 IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MELALUI E-WARUNG DI KELURAHAN SUMPUT KECAMATAN DRIYOREJO http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=248 <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Implementasi program Bantuan Pangan Non<br>Tunai (BPNT) Melalui E-Warung di Kelurahan Sumput Kecamatan Driyorejo. Bantuan pangan non<br>tunai merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat<br>(KPM) setiap bulannya Rp.200.000 dengan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan untuk<br>membeli bahan pangan di e-warung/pedagang bahan pangan yang telah bekerja sama dengan bank.<br>Tujuan program bantuan pangan non tunai ini adalah mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima<br>manfaat (KPM) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Kelompok sasaranya adalah keluarga<br>penerima manfaat. Pelaksana program ini adalah menteri sosial. Metode yang digunakan dalam<br>penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya<br>menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada implementasi bantuan pangan<br>non tunai (BPNT) melalui e-warung dikelurahan sumput kecamatan driyorejo. Dengan menggunakan<br>teori George Edward III dengan menggunakan4 indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan<br>struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat indikator sudah tercapai tetapi belum<br>maksimal.</span> </p> Eny Mufatiroh Susi Ratnawati Bagus Ananda Kurniawan ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 151 158 10.34369/intelektual journal.v8i02.248 TINGKAT EFEKTIVITAS E-MASTER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI ASN DI MASA PANDEMI COVID-19 http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=249 <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat efektivitas E-Master (Elektronik<br>Manajemen ASN Terpadu) dalam memberikan pelayanan kepada ASN selama masa pandemi<br>Covid-19 di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur, (2)<br>mengetahui faktor-faktor penghambat serta pendukung Efektifitas penerapan E-Master<br>(Elektronik Manajemen ASN Terpadu) dalam memberikan pelayanan kepada ASN di masa<br>pandemic Covid-19. Manfaat penelitian ini adalah nantinya dapat dijadikan acuan oleh Badan<br>Kepegawaian Daerah dalam meningkatkan efektifitas pelayanan melalui E-Master<br>(Elektronik Manajemen ASN Terpadu) dan juga sebagai Sebagai bahan informasi bagi Instansi<br>terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama bagi ASN.<br>Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik<br>pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan<br>wawancara, peneliti akan meneliti objek kajiannya dan mengadakan interaksi langsung dengan<br>infroman. nalisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen antara lain reduksi data,<br>penyajian data, dan penarikan kesimpulan.</span> </p> Anis` Nuriyah Maulida Islamatin Heru Irianto Indra Pratama Putra Salmon ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 159 166 10.34369/intelektual journal.v8i02.249 PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI BIDANG PEMBANGUNAN DESA DI DESA LEBANI SUKO WRINGINANOM http://journal.fisip.ubhara.id/index.php?journal=Intelektual&page=article&op=view&path%5B%5D=250 <p><span class="fontstyle0">Penelitian ini membahas permasalahan tentang, bagaimana peran kepala desa dalam meningkatkan<br>partisipasi masyarakat, faktor apa saja yang mempengaruhi peranan kepala desa, dan upaya apa saja<br>yang dilakukan kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini<br>adalah untuk mengetahui peran kepala desa, faktor yang mempengaruhi peran kepala desa, serta<br>upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam<br>penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara,<br>observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Lebani Suko Kecamatan Wringinanom<br>Kabupaten Gresik. Hasil dari penelitian ini adalah peranan kepala desa dalam meningkatkan<br>partisipasi masyarakat di bidang pembangunan desa masih kurang, karena masih banyak masyarakat<br>yang belum mempunyai kesadaran dan kemauan untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa.<br>Peranan kepala desa dalam hal ini yaitu sebagai motivator, sebagai fasilitator dan sebagai mobilisator.<br>adapun faktor yang mempengaruhi peranan kepala desa yaitu kondisi masyarakat, partisipasi<br>masyarakat dan sarana dan prasarana.</span> </p> Afiva Nutvi Heru Irianto Heru Irianto Anisa Kurniatul Azizah ##submission.copyrightStatement## 2021-12-30 2021-12-30 8 02 167 173 10.34369/intelektual journal.v8i02.250