UPAYA PT. MIZAN MEDIA UTAMA DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA AKUN @MIZANSTORE

  • Rachmad Wahyudi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Tira Fitriawardhani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Muhammad Fadeli Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
Keywords: Customer Engagement, Instagram, Sosial Media

Abstract

Pandemi Covid-19 membatasi perusahaan untuk melakukan kegiatan komunikasi tatap muka dengan
pelanggan mereka. Padahal komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan akan menciptakan
loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan perusahaan. Bagus
Komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan adalah komunikasi yang mampu melibatkan pelanggan
dalam perusahaan sehingga pelanggan merasa menjadi bagian dari perusahaan. Dan akhirnya, pelanggan dapat menjadi
media untuk menyebarkan citra positif perusahaan kepada masyarakat luas. Keterlibatan pelanggan dalam
aktivitas perusahaan biasa disebut dengan customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apa
dilakukan oleh PT. Mizan Media Utama dalam Meningkatkan Customer Engagement Instagram
akun @mizanstore selama pandemi ini dengan analisis teori 4C Chris Heuer yaitu Context,
Komunikasi, Kolaborasi, Koneksi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah digital marketing PT.
Mizan Media Utama bertanggung jawab atas akun Instagram @mizanstore. Teknik dalam hal ini
penelitian adalah wawancara, observasi dan pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini adalah pemasaran digital PT. Mizan Media Utama telah melakukan beberapa
kegiatan sesuai dengan teori 4C Chris Heuer dalam rangka meningkatkan keterlibatan pelanggan pada
akun @mizanstore. Kegiatan tersebut meliputi pemilihan jenis konten, pemilihan konten,
memilih waktu untuk mengupload konten postingan, endorsement, paid promote. Dengan melakukan hal-hal di atas
pemasaran digital PT. Mizan Media Utama yang bertanggung jawab atas akun @mizanstore mampu
tingkatkan tingkat keterlibatan pelanggan untuk akun @mizanstore dengan peningkatan
jumlah pengikut, konten kiriman yang diunggah memiliki jumlah suka dan komentar yang tinggi.

Published
2021-12-30
Section
Articles