KAMPANYE DIGITAL PADA INSTAGRAM @perhumas_Indonesia MELALUI #IndonesiaBicaraBaik DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0

  • Vanessa Bella Juliet Arianita Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Fitria Widiyani Roosinda Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Julyanto Ekantoro Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang menyebabkan semakin
meningkatnya pengguna sosial media instagram. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah
produksi dan konsumsi informasi yang semakin tinggi dan tidak terkontrol. Berita bohong atau hoaks
merupakan salah satu ancaman bagi pengguna media digital instagram yang membuat instagram
kehilangan fungsi utamanya dan membuat lingkungan digital menjadi tidak kondusif. Sebagai pionir
organisasi di bidang kehumasan di Indonesia, Perhumas Indonesia mencetuskan tagar
#IndonesiaBicaraBaik sebagai bentuk kampanye digital dalam melawan tersebarnya pesan negatif
seperti berita bohong atau hoaks. Kampanye ini juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat 5.0
yang memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye yang dilakukan Perhumas Indonesia pada akun
instagram @Perhumas_Indonesia melalui tagar #IndonesiaBicaraBaik untuk mewujudkan masyarakat
5.0. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis
mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk
menginterpretasikan data hasil penelitian. Hasil yang didapatkan yaitu Perhumas Indonesia memiliki
strategi komunikasi tersendiri dalam mengampanyekan #IndonesiaBicaraBaik di instagram yaitu
membuat kategori konten yaitu Humaspedia, Protips, dan Motion yang masing-masing kategori
tersebut memiliki tujuan dan isi konten yang berbeda. Dalam pelaksanaannya, kampanye digital
#IndonesiaBicaraBaik masih belum dilakukan evaluasi secara signifikan dan terukur guna mengetahui
keefektifan kampanye digital ini.

Published
2022-02-12
Section
Articles