ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) RESTORAN HOTEL BUMI SURABAYA SEBAGAI STRATEGI PUBLIC RELATION DI ERA DIGITAL

  • Ezra Giovanny Marchelly Sampouw Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Fitria Widiyani Roosinda Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Julyanto Ekantoro Prodi Adminstrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabay
Keywords: e-Wom, Strategi Public Relation, Era Digital

Abstract

Strategi pemasaran atau promosi dari mulut-ke-mulut (word of mouth) merupakan salah satu
cara komunikasi yang sering digunakan oleh perusahaan yang memproduksi barang atau jasa
karena memiliki keefektifan dalam memperlancar proses pemasaran dan memberikan
keuntungan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, strategi pemasaran Word of
Mouth ini telah bergeser menjadi electronic Word of Mouth. Electronic Word of Mouth (e
WOM) merupakan komunikasi elektronik yang berhubugan dengan keunggulan atau
pengalaman membeli atau menggunakan produk dan jasa. Dalam sebuah bisnis, promosi dari
mulut ke mulut merupakan suatu keunggulan. Ini karena ketika seseorang sedang memberikan
tanggapan mengenai suatu pengalaman terhadap produk yang mereka coba, hal tersebut
sangat mempengaruhi sebuah bisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang atau
calon pelanggan. Hotel Bumi Surabaya merupakan salah satu bisnis dalam bidang pariwisata
yang unggul dengan konsep buffet yang dipakai oleh restorannya. Dengan adanya e-WOM ini
membuat public relation restoran Hotel Bumi Surabaya dapat mempromosikan makanan dan
minuman menggunakan bantuan sosial media. Teknik penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara sebagai
teknik pengumpulan data

Published
2021-12-30
Section
Articles