DAMPAK REBRANDING KOTA BATU UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PAD DARI SEKTOR PARIWISATA

  • Willy Tri Hardianto Program Studi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Muhammad Okto Adhitama Program Studi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Crisantos Jovano Program Studi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Keywords: Branding, Pendapatan, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang penguatan citra kota Batu menjadi kota wisata yang
berusaha untuk familiar bagi setiap wisatawan yang ingin berpariwisata untuk berkunjung Kota
Batu setiap mereka berkesempatan untuk berlibur dan meneliti dampak apakah branding wisata ini
mampu meningkatkan jumlah pendapatan asli daerah. Untuk penelitian sendiri menggunakan
metode kualitatif. Adapun dari hasil penelitian ini adalah proses dari branding dari awalnya tanpa
identitas menjadi Kota Wisata Batu lalu bertransformasi lagi menjadi Shining batu tidak terlalu
memberikan dampak signifikan bagi jumlah pariwisatawan karena wisatawan yang berkunjung ke
kota Batu kebanyakan adalah Wisatawan lokal yang tidak terlalu menganggap branding ke baratbaratan sebagai tujuan utamanya mereka datang ke kota Batu hanya sebagai karena mereka ingin
datang karena kuatnya citra pariwisata yang ada di kota Batu berkat branding kota wisata yang
pertama dan juga ditunjang dengan banyaknya jumlah pariwisata serta sarana infrastruktur
pendukung.

Published
2021-12-30
Section
Articles