ANALISIS SEMIOTIKA PAPAN REKLAME PADA IKLAN KAMPANYE POLITIK 2 KANDIDAT CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SURABAYA TAHUN 2020`

  • Andri Setiawan Universitas Bhayangkara Surabaya
  • M Fadeli Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Tira Fitriawardhani Universitas Bhayangkara Surabaya
Keywords: Semiotika, Reklame, Pilwali, Kampanye Politik

Abstract

Tahun 2020 menjadi tahun pertarungan politik dikota Surabaya dengan adanya pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada tanggal 9 Desember 2020. Pilwali tahun ini sangat menarik karena terpilihnya dua kandidat yaitu pasangan no urut satu Ery Cahyadi dan Armuji yang akan bersaing dengan lawanya no urut dua Machfud Arifin dan Mujiaman. Walaupun teknologi sudah mulai canggih papan reklame dipilih sebagai media kampanye karena masih efektif dan efisien untuk bisa menjangkau masyarakat luas dalam hal periklanan.
Tujuan dari penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui makna pesan yang terkandung pada papan reklame iklan kampanye politik 2 kandidat calon Walikota dan wakil Walikota Surabaya tahun 2020. Penelitian ini berlandasan teori Semiotika Roland Barthes dengan menggunakan jenis penelitian diskriptif kualtitatif. Data – data dikumpulkan melalui dokumetasi dilapangan dan melakukan pengamatan bersadarkan teori semiotika.
Hasil yang didapat pada reklame iklan kampanye tersebut yaitu ditemukannya adanya hubungan penanda dan petanda yang menjelaskan secara nyata tatanan denonatif, kemudian terdapat pula interaksi antara tanda dengan perasaan emosi pembaca serta nilai – nilai kebudayaan yang membawa ketatanan konotatif, sehingga ditemukannya sebuah makna tersendiri yang terdapat pada setiap versi iklan kedua kandidat Calon Walikota Surabaya dan memiliki pengaruh yang kuat dalam kerangka
berpikir pembaca.

Published
2021-07-30
Section
Articles