STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA RELIGI DESA BALUN, KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

  • Muhammad Aan Aoliya Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Ismai . Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Fierda Nurany Universitas Bhayangkara Surabaya
Keywords: Strategi, Pendapatan Asli Daerah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi pengembangan daya tarik wisata religi di desa
Balun, Lamongan dan strategi pengembangan yang dilakukan di Dinas Pariwisata Kabupaten
Lamongan yang keluarannya guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Desa Balun adalah
sebuah desa yang terletak di sebelah utara kota Lamongan Jawa Timur. Tepatnya berada di sebelah barat
Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Desa ini mempunyai julukan sebagai Desa Pancasila.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat dekriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan dinas pariwisata kabupaten
lamongan adalah strategi sebagai bagian dari rencana. Adapun strategi pengembangan yang
terindentifikasi yakni (1) pengembangan yang dilakukan terfokus pada satu titik (2) keterlibatan semua
elemen-elemen yang terkait (3) mengidentifikasi secara menyeluruh terhadap obyek yang akan
dikembangkan (4) melakukan pelatihan-pelatihan baik pemandu wisata, pelaku wisata, dan pengelola
wisata (5) koordinasi yang terus dilakukan kepada pemerintah dan warga sekitar kawasan obyek.

Published
2021-01-18
Section
Articles