PELAYANAN PUBLIK DALAM BUDAYA GOOD GOVERNANCE PEMERINTAHAN DAERAH DENGAN PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (NPS)

  • Willy Tri Hardianto Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
  • Ignatius Adiwidjaja Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Abstract

Pelayanan publik adalah pengertian yang biasa digunakan untuk mengartikan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah kepada warganya (citizen) juga yang secara langsung melalui sektor publik atau melalui ketetapan penganggaran pelayanan sektor swasta. Pendekatan New Public Services dalam paradigma Administrasi Publik harus bisa merubah pandangan dalam pelayanan pada masyarakat, lebih dari itu, kesimpulanya darithe new public service adalah bahwa pelayanan publik tidak hanya memuaskan pelanggan, tetapi lebih fokus pada membangun hubungan kepercayaan dan kolaborasi dengan warga (citizen). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan juga FGD. Adapun luaran penelitian ini nantinya adalah publikasi ilmiah dan model pelayanan publik yang terintegrasi new public services.Dengan membuat draft model alur pelayanan yang sesuai dengan harapan warga, seperti yang dilaksanakan pada tahun pertama, pada instansi pelayanan public yang berada di Malang Raya diharapkan warga bisa bersama instansi penyelenggara pelayanan public seiring dan sejalan dalam menyikapi tentang model pelayanan public.

Published
2019-03-13
Section
Articles